Senin, 07 Februari 2011

APLIKASI-APLIKASI INTERNET

Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah, seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik, militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industri.

Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan digunakan, antara lain World Wide Web (www), E-mail, Mailing List (mdlis), Newsgroup, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, dan Ping.

WORLD WIDE WEB (WWW)

World Wide Web atau www merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. Aplikasi www clapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. www adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokurnen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Language (HTML). HTML mempunyai kernampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Halaman-halaman web yang dibuat dengan menggunakan HTML digunakan untuk menyimpan informasi. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio, dan video.

ELECTRONIC-MAIL (E-MAIL)

E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalarn bentuk elektronik. Mengirim e-mail sama persis dengan mengirimkan sebuah surat biasa. Kita dapat bercerita, mengirimkan pesan, atau apa saja. Melalui e-mail, kita juga dapat mengirimkan file dokumen, gambar, dan sebagainya.

E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Kita dapat mengirimkan surat ke seluruh dunia dengan biaya yang sangat murah. Karena komunikasi melalui internet dilakukan dengan sangat cepat, maka e-mail yang kita kirim akan sampai dengan sangat cepat pula, yakni sesaat setelah dikirim.

MAILINGLIST (MILIS)

Mailing List atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalarn satu kelompok melalui e-mail. Setiap e-mail yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

Milis sebenarnya bentuk lain dari e-mail. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok. Milis mempunyai sifat yang sama dengan e-mail.

NEWSGROUP

Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah bulletin board, di mana setiap orang bebas memaparkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.

Sarana yang mungkin digunakan dalam newsgroup dapat ber-upa multimedia (audio-visual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video, dapat berupa teks saja atau teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC).

Newsgroup juga memungkinkan kita dapat menyampaikan informasi dengan cepat kepada orang-orang yang tergabung dalam sebuah kelompok.

INTERNET RELAY CHAT

IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakan kepada teman chatting kita, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks. Saat ini beberapa layanan chatting di internet telah dilengkapi dengan sarana untuk menampilkan gambar yang diambil melalui webcam. Dengan menggunakan fasilitas ini, kita dapat "bercakapcakap" sambil melihat gambar orang yang sedang chatting dengan kita.

FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)

File Transfer Protocol yang sering disingkat dengan FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke/dari komputer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat.

FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip (file) dari sebuah server di internet yang mempunyai alamat tertentu. yang menyediakan berbagai file. File tersebut memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna internet yang membutuhkannya. File tersebut bisa berupa hasil penelitian, artikel, jurnal, dan lain-lain. FTP juga digunakan untuk meng-upload file situs (homepage), sehingga bisa diakses oleh pengguna dari seluruh pelosok dunia.

TELNET

Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai alamat IP QP address) dari komputer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses (user ID dan password) ke komputer tersebut.


GOPHER

Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet Namun, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet.

PING

Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untak mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan kornputer Lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.


Sumber : http://caturstrife.blogspot.com/2009/01/aplikasi-aplikasi-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar